Berita

Para fans Barcelona Diizinkan Kibarkan Bendera Catalan di Final Copa Del Rey

BarcelonaIzin tersebut keluar setelah hakim 11th Court of Administrative Litgation di Madrid menarik kesimpulan bahwa pengibaran bendera Pro kemerdekaan Catalan di Final Copa Del Rey nanti bukan hal yang bisa menghasut kekerasan, Rasisme, dan diskriminasi lainnya.

Advertisement

Para fans Barcelona akhirnya mendapatkan izin untuk mengibarkan Bendera Catalunya di Tribun Vicente Calderon, Madrid, pada partai final Copa Del Rey antara Barca melawan Sevilla dinihari nanti. Sebagaimana diketahui, Barcelona akan menghadapi Sevilla di partai Final Piala Raja yang akan berlangsung pada Senin dinihari, 23 Mei 2016 waktu setempat di Estadio Vicente Calderon, Madrid. Sempat ada wacana dari sejumlah fans Barca untuk mengibarkan bendera Catalunya, bendera pro kemerdekaan Catalunya yang disebut-sebut sebagai Estelada selama pertandingan tersebut berlangsung.

Wacana tersebut juga sempat memunculkan larangan dari pihak Spanyol, namun, selepas adanya kritik keras dari para politisi Catalunya, alhasil wacana tersebut diperbolehkan oleh pihak pengadilan melalui hakim 11th Court of Administrative Litgation di Madrid. Dikatakan bahwa aksi tersebut sama sekali tidak akan menghasut kekerasan, rasisme, xenophobia dan semacamnya sebagai bentuk diskriminasi.

“Tidak ada bukti bahwa pengibaran estelada bisa menghasut terjadinya kekerasan, rasisme, Xenophobia atau bentuk deskriminasi lain yang bisa melanggar martabat Manusia” demikian kesimpulan dari putusan hakim tentang wacana ini.

Menurut informasi yang kami dapatkan, Para politisi Catalunya beranggapan bahwa larangan yang sempat muncul tentang wacana tersebut sama saja dengan melarang kebebasan berekspresi.

Adapun, Catalunya memang tidak henti-henti menyuarakan rencana mereka untuk berpisah dari Spanyol dan menjadi negara indpendent yang berdiri dengan hak dan kewajiban sendiri. Rencana ini sempat nyaris terealisasikan pada November 2015 silam, namun urung terwujud karena sesuatu hal.

Advertisement