Berita

Sejarah Klub Borussia Dortmund

borussia dortmundSejak dulu sampai sekarang Borussia Dortmund masih dikenal sebagai salah satu penguasa Eropa, terlebih lagi di Bundesliga Jerman.

Advertisement

Borussia Dortmund, nama tersebut sebenarnya sudah tidak asing lagi terdengar, khususnya bagi para pencinta sepak bola. Di musim lalu, Dortmund tergolong sebagai salah satu klub yang membuat kejutan, mereka sukses menerobos hingga ke partai Final, meskipun akhirnya kalah dari Rival berat mereka FC Bayern Munchen. Klub yang besar ini tentu punya sejarah tersendiri tentang bagaimana mereka bisa berdiri sebagai sebuah klub sepak bola, dan berikut ini adalah ulasan kami tentang Sejarah Klub Borussia Dortmund.

Die Borussen, itulah julukan yang diberikan untuk klub sepak bola asal kota Dortmund, Jerman ini berdiri atas terjadinya perundingan sekolompok pemuda di sebuah pub lokal bernama Zum Wildschütz. Perundingan itu sempat akan dicegah oleh salah satu Pastor gereja, namun beberapa anggota kemudian menghalangi usaha pastor tersebut dan terciptalah klub bernama Ballspielverein Borussia 09 e.V. Dortmund, pada tanggal 19 Desember 1909.

Pertanyaannya, adalah mengapa perundingan tersebut sampai dihalangi oleh seorang pastor? Jawabannya adalah, karena sekelompok pemuda itu sebenarnya merupakan anggota tim sepak bola gereja, yang tidak senang dengan perlakuan Gereja terhadap mereka, akhirnya sekelompok pemuda itulah yang memutuskan untuk mendirikan klub sepak bola baru yang sekarang kita kenal dengan nama Borussia Dortmund.

Franz dan Paul Braun, Henry Cleve, Hans Debest, Paul Dziendzielle, Julius dan Wilhelm Jacobi, Hans Kahn, Gustav Müller, Franz Risse, Fritz Schulte, Hans Siebold, August Tönnesmann, Heinrich dan Robert Unger, Fritz Weber dan Franz Wendt, ke 17 tokoh tersebutlah yang merancang ide pendirian klub sepak bola Borussia Dortmund kala itu.

Nama Borussia Dortmund, terdiri dari dua kata, Borussia yang berarti kerajaan sedangkan Dortmund yang artinya adalah kota asal klub ini.

Incoming search terms:

  • sejarah borussia dortmund
Advertisement

Post Comment