Berita

Tersingkir, Islandia Tetap sangat Membanggakan

IslandiaIslandia, memang telah tersingkir dari ajang empat tahunan ini, namun, pada faktanya mereka adalah tim debutan yang tersingkir di babak perempat final, sebuah pencapaian yang sangat patut untuk dibanggakan .

Advertisement

Tim Nasional Prancis berhasil menang telak 5-2 atas Timnas Islandia di babak perempat final Euro 2016. Ya, Islandia memang telah tersingkir, akan tetapi, bisa dipastikan mereka bisa pulang dengan kepala tegak. Kami rasa, kita semua sudah tahu fakta Mereka sejatinya telah berhasil mencuri hati banyak orang. Bagaimana tidak? Berstatus sebagai tim debutan, skuat asuhan Lars Lagerback tersebut justru berhasil lolos dari Grup F sebagai runner-up di bawah Hungaria dan di atas Timnas Portugal. Di sepanjang fase Group tersebut, Islandia berhasil meraih Satu kemenangan saat hadapi Austria, dan dua hasil imbang, masing-masing melawan Hungaria dan Portugal, lima poin yang mereka kumpulkan mengantarkan pasukan Heimir Hallgrimsson ke babak 16 besar.

Secara mengejutkan, Di babak 16 besar, dengan performa impresif, Islandia secara gagah sukses menyingkirkan salah satu tim favorit da bertabur bintang di ajang ini, Timnas Inggris. Islandia menang 2-1 dan maju ke perempat final untuk menghadapi Prancis, sang Tuan Rumah. Prancis, salah satu kandidat juara di turnamen ini, rupanya terlalu tangguh Bagi Islandia. Olivier Giroud, Paul Pogba, Dimitri Payet dan Antoine Griezmann membawa Prancis unggul 4-0 di babak pertama. Kolbeinn Sigthorsson sempat menipiskan selisih skor setelah jeda, tapi Giroud lalu mencetak gol keduanya. Di penghujung laga, Birkir Bjarnason mencetak gol kedua Islandia.

Lima gol bersarang ke gawang mereka sepanjang pertandingan, sedangkan Dua gol di paruh kedua yang mereka cetak ke gawang Tuan Rumah merupakan sebuah bukti bahwa mereka memang tim yang sama sekali pantang menyerah sampai peluit panjang dibunyikan. Kisah manis Islandia kemudian berakhir, tapi mereka pulang dengan prestasi yang membanggakan. Islandia sudah mencuri hati semua orang. Hanya ada rasa bangga yang tersisa ketika mereka pulang ke kampung halaman.

Advertisement